Selasa, 23 November 2010

[Internet] Waspadai aktifitas S.C.A.M !

Salam untuk para pembaca sekalian. Siang ini cukup panas cuaca dikota tercinta saya ini [Yogyakarta], tapi tidak mengurungkan niat saya untuk menulis dan berbagi informasi pada para netter sekalian. Pada topik pembahasan kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai S.C.A.M [Scheming Crafty Agressive Malicious]. 

Para pembaca sekalian yang gemar melakukan kegiatan online pasti pernah dengar istilah tersebut, atau mungkin sudah ada yang pernah jadi korbannya? hehe. Bila belum mengerti akan saya beri sedikit penjelasan. SCAM bila diartikan secara tekstual merupakan Tindakan atau Rencana Licik, Jahat dan Agresif. Kegiatan tersebut bersifat menipu, dan korbannya adalah para netter sekalian. Biasanya, para scammer akan mengiming-imingi kita dengan keuntungan-keuntungan yang amat tidak masuk akal dan mereka memberi kita janji akan keuntungan-keuntungan yang dapat kita peroleh yang pada kenyataannya hanya hoax. 

Dalam kasus scam pada dunia maya, scammer biasanya akan mengajak kita join pada sistem mereka dan menawarkan sebuah keuntungan yang bila dipikir-pikir amat mustahil. Scam ini biasanya muncul pada sistem money game di internet. Seperti misalnya pada kasus cashmail.org ,pengalaman saya :( , mereka menawarkan $1000 seketika setelah kita daftar atau sign up. Bila mengupgrade keanggotan kita dengan biaya ratusan dollar, mereka akan memberi kita sebuah I-Phone (untung saya tidak terjebak). Sungguh suatu sistem yang tak masuk akal. Tidak hanya merugikan secara finansial, aktifitas scam juga akan mengganggu kita karena data2 pribadi yang kita isikan saat mendaftarkan pada sistem palsu tersebut akan disalahgunakan dan biasanya akan dijual pada spammer (penyebar junk email) ataupun scammer lainnya (WTF!) 

Sebenarnya aktifitas scam tidak hanya menjangkiti dunia maya saja. Pada keseharian kita pun banyak sekali aktifitas-aktifitas yang bersifat menipu tersebut. Yang jelas berhati-hatilah dan jangan mudah percaya pada tawaran yang tak masuk akal. 

Untuk tambahan informasi buat para pembaca sekalian, saya akan memberi beberapa tips mengatasi dan menghindari aktifitas scam tersebut:
  1. Jangan gegabah mengambil keputusan pada sebuah tawaran pihak tertentu.
  2. Cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai pihak dan tawaran tersebut apabila memang anda tertarik untuk bergabung. Namun jika sudah jelas banyak sekali referensi buruk mengenai si pemberi  tawaran tersebut, segera lupakan tawarannya.
  3. Apabila anda sudah terlanjur bergabung, segeralah anda hapus data2 pribadi anda pada profil dan segera hapus keanggotaan anda.
  4. Satu hal lagi yang paling penting dalam mengidentifikasi sistem palsu dari kegiatan scam adalah ada tidaknya forum untuk berdiskusi baik dengan administrator maupun dengan anggota lain dalam sistem tersebut.
Memang, internet sangat membatu kita semua dalam segala hal. Tak sedikit pula yang dapat menghasilkan keuntungan sampai puluhan bahkan ratusan juta dari media tersebut. Namun alangkah bijaksananya bila kita lebih cermat dan waspada pada tindak kejahatan yang dapat merugikan kita baik secara finansial atau hal lainya tersebut. Apabila para pembaca membutuhkan referensi bisnis internet yang gratis dan terpercaya, maka saya akan memberikan dua referensi top yang mewakili sistem lokal dan juga internasional:

  1. Nasional: IDR Clickit (PTC lokal yang terbukti membayar para anggotanya. Terdapat pula forum diskusi juga bukti-bukti kesuksesan para anggotanya). Best recommended.
  2. Internasional: Onbux (PTC luar negri yang paling populer dan Legitimate). Best recommended.
Nah, sedikit bahasan mengenai SCAM tersebut saya harapkan akan membuat para netter dan pembaca sekalian untuk lebih jeli memilih suatu sistem yang akan memberikan keuntungan bagi kita kedepannya. Bagi  para pembaca maupun netter yang pernah mengalami ataupun menjadi korban SCAM, saya sarankan untuk tidak trauma terhadap aktifitas di dunia maya ini. Internet merupakan tambang emas tak terbatas, namun juga kita harus waspada terhadap para perampoknya, atau dalam kasus ini adalah para SCAMMER. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar